Berita Teraktual
Senin, 6 Mei 2024
https://realtimenews.id- Jakarta
FKWI dan BGN mempunyai tips agar produk yang dihasilkan oleh UMKM dapat masuk ke toko-toko swalayan yang ada, guna menambah jaringan pemasaran.
FKWI & BGN : Saiful Amin
Surya SENA Manajemen : Perizinan CV / PT dan Perkumpulan
suryasena1986@gmail.com
@suryasena
//+62 831-1577-2440
Referensi : UMKM
- Berani Berinovasi dan Berkembang
Berinovasi untuk bisa diterima masyarakat. Tujuannya sederhana, yaitu agar produk UMKM dapat memberikan kenyamanan untuk konsumen saat bersantai. Tidak hanya bertahan di ranah toko offline, Produk UMKM juga melangkah maju dengan masuk ke pangsa pasar online. Hal ini bertujuan agar Produk UMKM dapat dinikmati oleh masyarakat dari berbagai penjuru. - Penuhi Syarat dengan Baik
Memasukkan produk bisnis ( UMKM ) ke dalam toko swalayan harus memenuhi beberapa persyaratan, salah satunya adalah memiliki perizinan yang lengkap dan sesuai dengan aturan yang berlaku ( Surya SENA Manajemen – Perizinan //+62 831-1577-2440 ). Selain itu, packaging juga memegang peran penting dalam menarik perhatian konsumen di rak swalayan. Desain kemasan yang menarik dapat membuat produk lebih mencolok di antara kompetitor lainnya.
Terakhir, Sahabat Wirausaha juga perlu memperhatikan faktor harga. Harga yang ditawarkan juga harus seimbang dengan kualitas produk dan bisa bersaing dengan produk sejenis yang sudah ada di pasaran. Hal ini penting mengingat adanya persaingan di pasar yang bisa berdampak pada harga produk di toko. Dengan memenuhi ketiga persyaratan ini, peluang untuk produk ( UMKM ) Sahabat Wirausaha meraih kesuksesan di toko swalayan akan semakin terbuka lebar. - Bisa Menggunakan Strategi ‘Titip-Jual’ Terlebih Dahulu
Bagi Sahabat Wirausaha yang baru memulai memasarkan produk ( UMKM ) ke toko-toko, seringkali mereka akan menghadapi sistem ‘titip-jual’. Meskipun sistem ini dapat memberikan kemudahan bagi pelaku usaha yang ingin memasukkan produk ( UMKM ) ke dalam toko swalayan dan menjangkau pasar yang lebih luas, akan tetapi sistem ini juga memiliki kelemahan. Tanpa disertai strategi pemasaran yang baik, risiko modal untuk usaha Sahabat Wirausaha bisa berhenti secara tiba-tiba.
Oleh karena itu, penting bagi Sahabat Wirausaha untuk tidak hanya bergantung pada sistem ‘titip-jual’ tetapi juga mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk memastikan kelangsungan dan pertumbuhan usaha. - Memanfaatkan Marketplace untuk Ekspor
Produk ( UMKM) tidak hanya tersedia di toko swalayan, melainkan juga memanfaatkan platform marketplace yang ada. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat, produk ( UMKM ) dapat diekspor ke luar negeri, seperti Negara Asean dan yang lainnya melalui platform marketplace tersebut.
Hal ini menunjukkan bahwa, walaupun Sahabat Wirausaha mungkin belum memiliki kemampuan untuk melakukan ekspor secara mandiri, Sahabat Wirausaha masih bisa dapat memanfaatkan sumber daya yang tersedia seperti platform marketplace untuk mengembangkan bisnis secara internasional. Sehingga bisa mengoptimalkan potensi pasar yang lebih luas. - Target Pasar Harus Jelas
Pelaku UMKM harus memiliki penyesuaian yang spesifik untuk target pasar mereka. Ketika memasarkan produk ( UMKM ) mereka membidik kelompok kelompok pembeli ( usia ). - Menjalin Kemitraan dengan Sistem B2B
Strategi penjualan melalui sistem B2B (Business-to-Business), yang merujuk pada transaksi bisnis antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. - Mengembangkan Desain Kemasan Produk yang Menarik
Desain kemasan produk ( UMKM ) telah mengalami perkembangan yang signifikan.
Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk. Selain itu, juga memperhatikan pemilihan warna kemasan. Warna pada kemasan disesuaikan dengan varian rasa produk. Misalnya untuk varian rasa pedas, warna kemasannya dominan merah, sementara untuk varian rasa keju, warna kemasannya dominan kuning. Detail-detail kecil yang diperhatikan ini membuat kemasan produk ( UMKM ) menjadi sangat menarik bagi konsumen dan memberikan nilai tambah pada produk mereka. - Tidak Berhenti, Terus Berinovasi
Meskipun produk ( UMKM ) sudah dikenal dan sukses, semangat untuk terus melakukan inovasi dalam pengolahan bahan utama bisnis harus tetap berlanjut.
Itu dia 8 tips yang dapat diikuti Sahabat Wirausaha agar lebih dapat berhasil dalam memasarkan produk ke toko swalayan. Semoga tips-tips dan cerita usaha keripik pisang Bananania bisa memberikan inspirasi untuk Sahabat Wirausaha semua, ya.(Red)
sumber : FKWI & BGN Management